Mengapa Self Awareness penting untuk diterapkan?

Estimated read time 2 min read

Mengapa Self Awareness penting untuk diterapkan?

     Kesadaran diri (Self Awareness) adalah kemampuan untuk fokus pada diri sendiri dan bagaimana tindakan, pikiran, atau emosi yang selaras ataupun tidak selaras dengan standar ynag dimiliki. Apabila kita memiliki kesadaran diri, maka kita dapat menilai diri sendiri secara objektif, mengelola emosi, menyelaraskan perilaku dengan nilai-nilai ataupun prinsip yang dimiliki, dan memahami dengan benar bagaimana orang lain memandang diri kita sendiri.  Untuk menjadi orang yang sadar diri, perlu untuk menggambarkan versi terbaik dari diri sendiri yang  mencerminkan harapan, impian, aspirasi, berbicara dengan keterampilan, kemampuan, dan tujuan yang ingin dicapai. Selain itu, bisa juga dengan menanyakan bagaimana diri kita kepada orang lain, sehingga kita bisa mengetahui diri kita sendiri dari sudut pandang orang lain.

    Kesadaran diri terdiri dari dua jenis, yaitu :

  • Kesadaran diri publik terjadi ketika kita menyadari bagaimana kita ketika dilihat oleh orang lain, sehingga dengan adanya kesadaran ini, kita lebih cenderung mematuhi norma sosial dan berperilaku sesuai dengan norma yang ada sehingga dapat diterima secara sosial di lingkungan Masyarakat. Meskipun, ada manfaat dari jenis kesadaran ini, tetapi ada juga bahaya dari kesadaran diri publik, yang mana mereka mungkin menghabiskan terlalu banyak waktu untuk mengkhawatirkan apa yang orang lain pikirkan tentang mereka agar bisa berperilaku sesuai dengan norma yang ada hingga akhirnya bisa diterima dalam suatu lingkungan atau kelompok tertentu.
  • Kesadaran diri pribadi terjadi ketika kita mampu untuk memperhatikan dan merenungkan keadaan internal seseorang. Mereka yang memiliki kesadaran diri pribadi bersifat mawas diri, memahami perasaan diri sendiri dan selalu memiliki rasa ingin tau. Contohnya, mungkin kita menyadari ketika sedang merasakan tegang saat kita memiliki pertemuan penting yang mana kita harus meyakinkan investor. Nah, ketika kita memperhatikan dan menyadari secara sadar dan menghubungkannya dengan kecemasan yang dirasakan tentang pertemuan itu disebut sebagai kesadaran diri pribadi.

     Berdasarkan penjelasan di atas, dapat diketahui bahwa mengembangkan kesadaran diri itu penting karena dapat membantu kita untuk menilai pertumbuhan dan keefektifan mereka yang dapat digunakan untuk memutuskan suatu rencana diubah dan disesuaikan dengan ataupun tidak diubah. Sehingga dengan adanya kesadaran diri ini dapat memudahkan kita untuk mengetahui apakah perilaku kita sudah sesuai. Singkatnya kesadaran diri dapat memudahkan diri sendiri untuk dapat memahami diri sendiri lebih dalam dan bisa menyesuaikan dalam bersikap ketika sedang bersosialisasi di masyarakat ataupun dalam kerja sama ketika dalam ruang lingkup kantor (pekerjaan).

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours