PENTINGNYA MEMBACA DAN BERDISKUSI

Estimated read time 3 min read

Membaca merupakan kegiatan positif yang dapat dilakukan setiap individu untuk meningkatkan kemampuan dalam berimajinasi terhadap sesuatu dan mampu juga untuk melatih kita dalam mengolah retorika berbicara kita. Berdiskusi adalah salah satu bentuk komunikasi yang melibatkan satu orang atau lebih untuk mencari solusi terhadap sesuatu hal yang dibicarakan. Kedua hal ini saling berhubungan dan merupakan hal yang baik. Kalau dikatakan baca dan diskusi merupakan hal yang baik, kenapa tidak kita lakukan? Saling berketerkaitan membuat kedua hal ini menjadi sesuatu yang penting Ketika adanya perdebatan positif yang diadakan untuk penyelesaian masalah atau mencari benang merah tentang sesuatu hal.

Kedua hal diatas cenderung akan kita temukan Ketika kita sudah duduk berkelompok, dan adanya perdebatan untuk menemukan argumen mana yang paling tepat. Hal seperti ini sangat membantu kita dalam penyelesaian suatu masalah, karena kalua kita terbiasa dengan membaca dan berdiskusi maka kita akan dengan mudahnya menemukan akar dari suatu masalah yang akan kita selesaikan. Disamping itu juga orang yang keseringan melakukan kedua hal ini, dia akan lebih cenderung melihat sesuatu dengan menggunakan akal sehatnya dan tidak dengan mudahnya menyimpulkan secara sepihak atau lebih tepatnya netral.

Tidak banyak juga kita temui dalam kehidupan sehari-hari tentang membaca dan diskusi. Adapaun kita temui perdepatan dalam suatu kelompok yang duduk bersama-sama yang juga hanya memperdepatkan hal yang saya rasa bahwa hal tersebut tidak manambah nilai positif untuk kita, yang ada malah memberi kita dampak negative. Itulah kenapa saya katakan bahwa pentingnya membaca dan berdiskusi, karena Ketika kita membaca lalu berdiskusi maka akan banyak sekali hal-hal baru yang kita dapat(positif). Kedua hal ini harus sama-sama dilakukan tidak boleh salah satunya tidak, karena agar kita arah yang jelas tentang sesuatu yang diperdebatkan dengan kata lain bahwa punya tujuan untuk membiacarakan sesuatu hal. Akan lebih menarik Ketika kita mendiskusikan hasil bacaan kita, selain dari menambah wawasan, meningkatkan pablik speaking kita, kita juga akan menemukan hal baru dari orang lain yang mungkin saja secara pengetahuannya dia lebih banyak membaca dibandingkan dengan kita. Sehingga dari kejadian tersebut kita mampu untuk mengambil kesimpulan dan punya rasa yang besar untuk terus belajar, membaca dan berdiskusi.

Judul ini sengaja saya angkat agar adanya kesadaran dalam diri kita bahwa pentingnya membaca dan berdiskusi. Kita akan mampu untuk mengukur kemampuan diri kita dan juga kemampuan lawan bicara kita, selain itu kita juga mampu mematahkan argument lawan bicara kita dengan pengetahuan yang sudah kita dapatkan pada saat kita membaca dan berdiskusi. Marilah Bersama-sama kita tingkatkan budaya untuk membaca dan berdiskusi.

 

Penulis: Chiko

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours