Alat Ukur di Dunia Kelistrikan

Estimated read time 3 min read

Dalam bidang ilmu fisika dan teknik, pengukuran merupakansuatu aktivitas yang membandingkan kuantitas fisik dari objek dan kejadian dunia-nyata. Alat ukur ialah  alat yang digunakan untuk mengukur benda atau kejadian tersebut. dan dalam hal ini didalam dunia kelistrikan menggunakan beberapa alat ukur yang digunakan untuk menentukan suatu kuantitas dan kualitas dari kelistrikan itu sendiri. Ada beberapa macam alat ukur yang digunakan dalam dunia kelistrikan

  1. Amper Meter

Amperemeter merupakan alat yang digunakan untuk mengukur kuat arus listrik baik untuk arus  DC maupun AC yang terdapat dalam rangkaian tertutup. Amperemeter biasa dipasang berderet dengan elemen listrik. Jika akan mengukur arus yang mengalir pada sebuah penghantar dengan memakai Amperemeter maka wajib memasangnya secara seri dengan cara memotong penghantar agar arus mengalir melalui Amperemeter.

  1. Volt Meter

Voltmeter merupakan alat yang digunakan untuk mengukur besar tegangan listrik pada sebuah rangkaian listrik tertutup. Voltmeter disusun secara paralel terhadap letak komponen yang diukur dalam rangkaian.

  1. Ohm Meter

Ohm meter merupakan alat yang digunakan untuk mengukur hambatan listrik pada rangkaian tertutup atau daya untuk menahan mengalirnya arus listik pada sebuah konduktor. Besarnya satuan hambatan yang diukur oleh alat ini dinyatakan dalam ohm. Alat Ohm meter ini menggunakan galvanometer untuk mengukur besarnya arus listrik yang lewat atau mengalir pada sebuah hambatan listrik (R) , yang kemudian dikalibrasikan ke satuan ohm.

  1. Wattmeter

Wattmeter ialah alat yang digunakan untuk mengukur power listrik (atau rate suplai energi listrik) dalam satuan watt untuk rangkaian atau sirkuit apapun.

  1. Megger

Megger berfungsi sebagai pengukur tahanan isolasi dari alat – alat listrik maupun instalasi – instalasi. Output dari alat ukur ini umumnya merupakan tegangan tinggi arus searah. Megger ini sering digunakan petugas dalam mengukur tahanan isolasi antara lain untuk:

    1. Kabel instalasi pada rumah-rumah atau bangunan.
    2. Kabel tegangan tinggi dan rendah
    3. Transformator.
  1. KWH Meter

Kwh Meter merupakan alat yang digunakan oleh pihak PLN untuk menghitung besarnya penggunaan daya oleh konsumen. Alat ini sangat umum dijumpai di masyarakat. Bagian utama dari suatu  KWH Meter merupakan kumparan tegangan , kumparan arus , piringan aluminium , magnet tetap yang bertugas menetralkan piringan aluminium dari induksi medan magnet dan gear mekanik yang mencatat jumlah perputaran piringan aluminium.

  1. Osiloskop

Osioloskop merupakan alat ukur yang dapat menunjukkan terhadap Anda ‘gambaran atau bentuk’ dari sinyal listrik dengan menunjukkan grafik dari tegangan terhadap waktu pada layarnya. Ini sama halnya dengan penggambaran pada layar televisi. Osioloskop terdiri dari tabung vacuum dengan sebuah katode ( electrode negative ) pada satu sisi yang menghasilkan pancaran elektron dan sebuah anode ( electrode positive ) untuk mempercepat gerakannya sehingga terdeteksi menuju layar tabung. Susunan ini disebut dengan Electrone Gun. Elektron – elektron disebut pancaran sinar katode karena mereka dibangkitkan oleh Cathode dan ini menyebabkan osioloskop disebut secara lengkap dengan Cathode Ray Oscilloscope atau CRO.

  1. Earth Tester

Earth Tester merupakan alat yang digunakan untuk mengukur nilai resistansi dari pentanahan, Besarnya tahanan tanah sangat penting untuk diketahui sebelum dilakukan pentanahan dalam sistem pengaman dalam instalasi listrik. Untuk mengetahui besar tahanan tanah pada suatu area digunakan alat ukur dengan penampil analog.

  1. Frekuensi Meter

Tujuan alat ini adalah untuk mengetahui banyaknya getaran listrik dengan kesatuan Herzt dari sumber pembangkit tenaga listrik. Mengapa getaran ini perlu diketahui, hal ini menyangkut permasalahan dari alat yang dipergunakan, dalam hal ini alat-alat istrik karena alat – alat tersebut sudah mempunyai spesifikasi tertentu untuk getaran. Biasanya yang dipakai rata – rata berkisar 48 Hz sampai dengan 60 Hz.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours