“KEMAHASISWAAN” by Windi Putriani

Mahasiswa adalah seseorang yang sedang menempuh Pendidikan di Perguruan tinggi. Bukan hanya menempuh Pendidikan di perguruan tinggi mahasiswa juga berperan untuk meningkatkan sumber daya manusia . Mahasiswa adalah seseorang yang bisa membawa perubahan dan menjadi penerus generasi bangsa untuk memajukan negara. Ada pula Peran dan fungsi Mahasiswa  yaitu

  • Agen of change (Perubahan), Mahasiswa mampu membawa perubahan pada masyarakat. juga perubahan bagi kehidupan, seperti pada bidang teknik sipil malahiswa teknik sipil bisa merubah pembangunan yang ada di Indonesia menjadi lebih baik lagi.
  • Moral force, melakukan nilai-nilai, selain belajar tentang akademis dan berintektual mahasiswa juga harus memiliki moral yang baik.
  • Gurdian of value, mahasiswa mampu menjaga nilai-nilai masyarakat & Sosial
  • Sosial control, mahasiswa mampu menjadi jembatan antara masyarakat   dan pemerintah.
  • Iron stock, mahasiswa mampu menjadi pemimpin bangsa dan juga diharapkan untuk menjadi generasi penerus bangsa.

Bukan hanya peran dan fungsi mahasiswa saja , mahasiswa juga terbagi dari beberapa karakteristik yang pertama yaitu hedonis , mahasiswa hedonis adalah mahasiswa yang mengutamakan tentang cara berpakaian ataupun yang senang berfoya foya daripada belajar lalu yang kedua mahasiswa akademis , mahasiswa akademis adalah mahasiswa yang mementingkan nilai dan mengesampingkan hal hal yang tidak penting , yang ketiga yaitu mahasiswa apatisme , mahasiswa apatisme lebih mementingkan diri nya sendiri dan tidak mau tahu tentang permasalahan yng berada di kampus. Yang keempat yaitu mahasiswa aktivisme. Mahasiswa aktivis yaitu mahasiswa yang senang berorganisasi. Lalu yang kelima mahasiswa agamis , mahasiswa yang mementingkan nilai nilai agama. Di kehidupan kampus mahasiswa juga mempunyai karakteristik yang berbeda beda. Tapi untuk menjadi mahasiswa yang sukses dan melakukan peran fungsi mahasiswa kita harus bisa membagi waktu untuk belajar dan juga berorganisasi karena untuk menjadi penerus bangsa kita harus belajar tentang kepemimpinan dan juga peduli terhadap lingkungan sekitar.

Selain itu adapula peran fungsi mahasiswa yang tertuang dalam tridharma yaitu pendidikan , penelitian dan pengabdian. Mahasiswa harus mampu melaksanakan peran fungsi yang tertuang dalam tridharma , mahasiswa harus melakukan aktivitas pembelajaran untuk meningkatkan pendidikan bukan hanya untuk dirinya saja tapi juga untuk masyarat . Yang kedua yaitu penelitian yang merupakan tidak lanjut dari pendidikan yang dimana mahasiswa harus bisa mengimplementasikan dari apa yang dia dapat selama proses pembelajaran melalui penelitian. Dan yang terahir yaitu pengabdian ,yang dimana mahasiswa mampu menjadi pembela kepentingan masyarakat  bukan dengan cara kebenaran tanpa pembuktian tapi pengabdian ini dilakukan secara nyata seperti melakukan orasi , narasi dan juga aksi.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours