“KEMAHASISWAAN” by Muhamad Rifall Fadilah

Estimated read time 2 min read

Mahasiswa secara harfiah adalah orang yang belajar di perguruan tinggi, baik di universitas, institut atau akademi. Mereka yang terdaftar sebagai murid di perguruan tinggi otomatis dapat disebut sebagai mahasiswa. Mahasiswa juga merupakan salah satu elemen penting yang diharapakan dapat melakukan perubahan dan memberikan kontribusi nyata terhadap bangsa dan negaranya. Rasa idealisme yang ada pada diri mahasiswa sudah seharusnya di dukung oleh seluruh masyarakat sebagai salah satu alat aspirasi masyarakat untuk membawa bangsa ke arah yang lebih baik.

Mahasiswa juga memiliki peran dan fungsi yang harus diterapkan, apa saja sih peran dan fungsi mahasiswa itu, berikut adalah peran dan fungsi seorang mahasiswa/i.

  1. Agent of Change
    Mahasiswa dapat menjalankan perannya sebagai penggerak perubahan menuju tatanan masyarakat yang lebih adil. Ketika mahasiswa mampu melihat secara kritis kondisi sosial yang ada maka seorang mahasiswa bisa mengupayakan perubahan agar masyarakat hidup dalam kondisi yang jauh lebih baik, tanpa adanya penindasan dan tanpa adanya penderitaan.
  2. Iron Stock
    Mahasiswa harus berperan sebagai penerus bangsa. Mempunyai kesadaran akan perannya sehingga mahasiswa bisa menjalankan peran tersebut dengan baik. Generasi yang sudah ada akan digantikan generasi berikutnya. Mahasiswa merupakan calon penerus generasi yang akan datang.
  3. Guardian of Value
    Peran mahasiswa sebagai guardian of value adalah bagaimana mahasiswa bisa menjaga nilai-nilai kebaikan yang ada di masyarakat.
  4. Social Control
    Mahasiswa harus memiliki peran sebagai pengontrol kehidupan sosial. Dalam hal ini seoarang mahasiswa harus bisa mengontrol kehidupan masyarakat dengan cara menjembatani antara aspirasi masyarakat dengan pemerintah.
  5. Moral Force
    Moral force atau kekuatan moral adalah fungsi yang utama dalam peran mahasiswa dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Mahasiswa dalam kehidupannya dituntut untuk dapat memberikan contoh dan teladan yang baik bagi masyarakat.

Namun melihat fenomena yang ada sekarang ini, para mahasiswa lebih sibuk mementingkan kepentingan dirinya sendiri yakni bagaimana cara mendapat nilai yang baik, lulus tepat waktu, dan bekerja di perusahaan dengan mendapat gaji besar. Seharusnya mereka tidak boleh melupakan peran dan fungsinya sebagai mahasiswa, mereka harus bisa melakukan kedua hal tersebut yakni melakukan kewajiban sebagai mahasiswa tanpa melupakan peran dan fungsi seorang mahasiswa.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours