Ketahuilah 5 Cara Untuk Mengatasi Masalah Dalam Belajar

Estimated read time 5 min read

Belajar merupakan kegiatan yang sangat mengasyikkan namun terkadang belajar juga memiliki permasalahan yang sulit sekali untuk diselesaikan bahkan membuat kita menjadi kesulitan dalam belajar dan membuat kita malas dalam belajar. Permasalahan yang paling sering dialami ketika belajar adalah permasalahan untuk menghafal dan lain sebagainya. Permasalahan seperti itulah yang menjadi penghambat kita dalam belajar. Maka dari itu kali ini mimin bakalan merangkum tentang lima cara dalam mengatasi permasalahan dalam belajar.

Selalu Fokus Dalam Belajar

Selalu fokus dalam belajar merupakan cara paling ampuh dalam mengatasi permasalahan dalam belajar. Fokus dalam belajar membuat kita terlarut dalam pelajaran dan membuat kita mudah menyerap ilmu-ilmu yang sedang dipelajari, sehingga membuat kita mudah hafal dengan materi, gampang mengingat inti pembelajaran, mudah menyimpulkan dan masih banyak lagi. Salah satu cara agar kita tetap fokus dalam belajar adalah dengan mengingat materi yang membuat kita tertarik.

Seperti contohnya ketika guru sedang menjelaskan mengenai sejarah bangsa Indonesia ingatlah dalam materi yang tengah dijelaskan tersebut nama-nama pahlawannya. Kapan ia muncul, di mana ia dilahirkan, berapa usia saat dia berjuang, siapa istrinya dan lain sebagainya. Sehingga membuat kita tertarik pada pahlawan tersebut dan membuat otak kita fokus terhadap pelajaran dan materi yang berhubungan dengan materi yang diajarkan oleh guru.

Aktif Saat Pembelajaran Berlangsung

Dengan aktif ketika pembelajaran sedang berlangsung kita dapat mengatasi permasalahan dalam belajar. Ada peribahasa yang mengatakan malu bertanya, sesat di jalan. Maknanya ketika ada sesuatu yang tidak kalian mengerti di kelas, tanyakan saja. Jangan malu agar nantinya permasalahan yang tidak kamu mengerti dari materi dapat terjawab sesuai dengan keinginanmu. Jangan biarkan dirimu terdiam ketika ada sesuatu yang membuat kamu tidak mengerti dalam materi pelajaran yang sedang dijelaskan atau yang sedang kamu pelajari.

Atau ketika kamu sudah mengerti mengenai materi yang dijelaskan oleh guru, carilah pertanyaan lain yang terhubung dengan materi sehingga membuat kamu tidak hanya diam dan mendengarkan guru di kelas namun juga ikut berdiskusi dengan guru mengenai materi yang tengah dipelajari di kelas. Sehingga lama kelamaan hal tersebut akan membuat kamu semakin tertarik dengan pelajaran yang sedang dipelajari.

Selalu Membuat Catatan

Selalu ingat untuk membuat catatan dalam setiap materi akademik yang kamu pelajari, karena dengan membuat catatan kita dapat mengingat materi-materi yang mungkin tidak sempat atau sulit kamu hafal dengan cepat. Sehingga nantinya kamu dapat membuka catatan tersebut di lain waktu ketika kamu sedang dalam fase semangat dalam belajar. Usahakanlah ketika kamu ingin menghafal sesuatu atau ingin mempelajari sesuatu, kamu sedang berada di fase sangat semangat dalam belajar.

Karena ketika kita sedang berada di fase sangat semangat dalam belajar, kamu akan meningkatkan sekitar 120% rasa minat kamu terhadap pelajaran yang tengah kamu pelajari atau meningkatkan minat kamu terhadap materi akademik yang sedang kamu pelajari. Sehingga nantinya kamu memiliki ketertarikan yang cukup untuk membuat kamu merasa saya cocok dengan pelajaran yang tengah saya lakukan saat ini.

Menyusun Jadwal Belajar Sebaik Mungkin

Jangan lupa untuk menyusun jadwal belajar dengan sebaik mungkin. Permasalahan belajar yang paling sering terjadi adalah dikarenakan penyusunan jadwal belajar yang berantakan sehingga membuat kita belajar dengan berantakan dan tidak sesuai dengan waktu yang cocok saat kita sedang open power dalam belajar. Atau saat kita sedang semangat-semangatnya dalam belajar, jatuhnya kita belajar diwaktu kita sedang malas dan ingin bersantai dalam hidup.

Pilihlah waktu belajar yang sesuai dengan kepribadian kamu, waktu-waktu ketika kamu bersemangat adalah waktu yang paling cocok untuk melaksanakan pembelajaran. Jangan pilih waktu saat kamu sedang malas sekali untuk belajar, karena di waktu tersebut kemungkinan besar kamu akan merasa sangat tersiksa dalam belajar dan akan menurunkan tingkat minat kamu terhadap pelajaran yang sedang kamu lakukan. Dan hal tersebut akan membuat permasalahan dalam belajar semakin besar dan semakin terasa.

Maka dari itu pilihlah waktu ketika kamu sedang sangat semangat seperti waktu pagi hari setelah melaksanakan shalat subuh, antara jam enam sampai dengan jam sebelas, dan waktu-waktu selanjutnya yang memungkinkan kamu memiliki semangat yang tinggi untuk melakukan pembelajaran dan memahami materi yang ingin kamu pahami. Atau untuk mengerjakan pekerjaan rumah yang diberikan oleh guru.

Jangan Memainkan Handphone Saat Belajar

Ini yang paling penting, jangan pernah memainkan handphone saat sedang belajar. Karena dengan memainkan handphone saat sedang belajar, perhatian kita akan terbagi antara pelajaran dan handphone yang sedang kita lakukan. Lebih baik menyalakan mode jangan ganggu di handphone dan simpan jauh-jauh handphone kita ketika kita sedang belajar. Agar proses pembelajaran kita dapat berjalan dengan baik.

Atau ketika proses pembelajaran kamu dilakukan di handphone, usahakan untuk mematikan notifikasi aplikasi yang tidak berhubungan dengan pelajaran yang sedang kamu lakukan sehingga nantinya ketika pelajaran sedang berlangsung tidak ada pemberitahuan yang tidak berhubungan yang muncul dan membagi fokus dalam pelajaran yang sedang kamu lakukan. Sehingga membuat fokus kamu terganggu, karena pada kenyataannya ketika kamu sedang belajar dan ada pemberitahuan yang muncul dan bahkan pemberitahuan itu tidak penting akan membuat kamu terganggu saat sedang belajar.

Kesimpulan dari artikel ini adalah banyak sekali permasalahan yang terjadi ketika kita sedang melaksanakan pembelajaran atau sedang mempelajari suatu materi, dengan adanya cara di atas diharapkan kalian semua dapat mengatasi permasalahan dalam belajar tersebut. Sehingga nantinya kualitas dalam belajar yang kalian lakukan sesuai dengan hasil yang kalian inginkan dan membuat kalian bangga terhadap diri kalian sendiri terimakasih. Mari tolong pendidikan dengan hastag pendidikan menyelamatkan.

 

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours