Tips and Trik Belajar Di Negeri Sakura

Estimated read time 3 min read

 

Belajar di luar negeri mungkin menjadi impian bagi sebagian orang entah karena kualitas pendidikan negeri tersebut, budayanya, dan lain sebagainya. Salah satu negara yang sering menjadi tujuan untuk belajar di luar negeri adalah negara Jepang, negara yang juga dikenal dengan negeri sakura ini memang menjadi salah satu tujuan para pelajar indonesia untuk mengasah skill dan kemampuannya, selain karena jepang menyandang posisi ke-15 sebagai negara dengan sistem terbaik di dunia berdasarkan data tahun 2018 pada PISA (info lebih lanjut dapat mengakses link https://www.oecd.org/pisa/test/), negara jepang juga terkenal akan masyarakatnya yang sangat disiplin serta budayanya yang unik.

Untuk dapat belajar di Jepang anda harus memenuhi beberapa persyaratan yang di ajukan oleh kampus yang ingin anda tuju, langsung saja inilah Tips and Trik Belajar Di Negeri Sakura :

Pertama-tama anda dapat memulai dengan menentukan dulu kampus yang ingin anda tuju, anda dapat mencari referensi tentang kampus tersebut dengan mengunjungi situs-situs resmi kampus di Jepang, seperti pada situs Japan Study Support yang dapat diakses pada link https://www.jpss.jp/id/. Secara umum, Institusi Pendidikan tinggi di Jepang dapat di bagi menjadi 3, yaitu :

Senmon Gakko ( )

Senmon Gakko merupakan perguruan tinggi yang menawarkan program-program vokasional atau keahlian khusus, Senmon Gakko menawarkan program pembelajaran selama 2 tahun. Program-program yang ditawarkan misalnya fashion, hairdressing dan program vokasi sejenis.

Tanki Daigaku ( )

Tanki Daigaku atau biasa disebut dengan Taidai merupakan perguruan tinggi junior yang menawarkan program vokasi selama 2 tahun yang hampir sama dengan Senmon Gakko, namun yang membedakannya adalah program-program vokasi yang ditawarkan pada Taidai umumnya terkait Pendidikan atau keterampilan wanita.

Daigaku ( )

Sedangkan, Daigaku sendiri merupakan bahasa jepang untuk Universitas yang menawarkan program studi selama 4 tahun untuk gelar Sarjana. Yang membedakan Daigaku dengan Senmon Gakko ataupun Taidai adalah program yang ditawarkan oleh Daigaku lebih luas. Selain itu, Daigaku juga menawarkan program pascasarjana, program doktor dan program penelitian.

Perguruan tinggi di Jepang juga menyediakan 2 jenis kelas, yaitu kelas lokal dan kelas internasional. Untuk perbedaan kedua kelas ini terletak pada sistem pembelajarannya, untuk kelas local kita akan belajar menggunakan bahasa jepang sedangkan untuk kelas internasional kita akan belajar menggunakan bahasa inggris.

 

Menyiapkan segala dokumen yang dibutuhkan. Karena biasanya setiap perguruan tinggi di jepang memiliki persyaratan yang berbeda-beda, untuk mencari tahu tentang syarat dan ketentuan untuk mendaftar di suatu Universitas anda dapat mengakses web resmi universitas tersebut.

 

Setelah selesai menyiapkan segala persyaratan yang dibutuhkan ada baiknya anda mulai merencanakan hal-hal untuk kebutuhan hidup disana, seperti biaya sewa apartemen (karena tidak semua Universitas menyediakan asrama bagi para mahasiswanya), biaya makan sehari-hari, biaya tranfortasi, dan lain-lain. Untuk lebih jelas nya anda dapat melihat pada web Jasso.id (https://.jasso.or.id/) tentang perkiraan biaya hidup sehari-hari tersebut.

 

Mulai persiapan sedini dan secepat mungkin, karena untuk perndaftaran sendiri biasa nya diadakan sekitar 6 bulan sebelumnya. Selain mempersiapkan untuk test masuk anda juga harus memiliki sertifikat IELTS atau TOEFL untuk kelas Internasional dan JLPTN N2 untuk kelas lokal.

 

Untuk yang mencari beasiswa anda juga dapat melihatnya pada web Jasso.id. Beasiswa di Jepang terbagi menjadi 3, yaitu Beasiswa yang dapat diakses sebelum keberangkatan ke jepang, Beasiswa yang dapat diakses setelah keberangkatan ke jepang, dan Beasiswa government atau beasiswa yang disediakan oleh pemerintah setempat. Untuk info lebih lanjut silahkan klik link berikut : https://jasso.or.id/scholarship.html .

Semoga Tips and Trick tadi bermanfaat, untuk kritik dan sarannya bisa ditulis pada kolom komentar. Saya sangat menantikan kritik dan saran yang membangun.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours