Yuk, Ta’aruf Dengan Universitas Nusa putra

Estimated read time 2 min read
Written by Neng Juwita

Universitas Nusa Putra (NPU) merupakan salah satu perguruan tinggi swasta yang telah beridiri sejak 6 November 2007. Awalnya kampus ini merupakan Sekolah Tinggi Tekonologi (STT). Namun, pada hari Jumat tanggal 02 Februari 2018, berdasarkan Keputusan Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Nomor : 108/KPT/I/2018 tentang Perubahan Bentuk Sekolah Tinggi Teknologi Nusa Putra (STT NsP) di Sukabumi menjadi Universitas Nusa Putra di Sukabumi yang diselenggarakan oleh Yayasan Perguruan Nusa Putra Sukabumi, sejak hari itulah Universitas Nusa Putra yang sering disingkat NPU (Nusa Putra University) secara resmi berdiri.

Berawal pada tahun 2004 tepatnya pada tanggal 15 Maret 2004, berdirilah Yayasan Nusa Putra yang berlokasi di Jl.Raya Cisaat No. 76 Kecamatan Cisaat Kabupaten Sukabumi.

Setelah resmi berdiri Yayasan Nusa Putra mendirikan Lembaga Pendidikan Nusa Putra (LPI-NSP) mengawali pendidikan Profesional 1 tahun. Dengan awal pendirian membuka 3 jurusan yaitu Manajemen Informatika, Komputerisasi Akuntansi dan Teknik Informatika. Karena adanya regulasi Yayasan berdasarkan undang-undang Tahun 2006 susunan pengurus dan nama yayasan berubah berdasarkan akta perubahan menjadi Yayasan Perguruan Nusa Putra Sukabumi dengan Notaris Rose Takarina, SH, Jakarta Nomor: 57 tahun 2006. Lalu pada tahun 2006 berdirilah Sekolah Tinggi Teknologi Nusa Putra (STT-NSP) melalui SK Mendiknas Nomor 213/D/O/2007 maka STT Nusa Putra diakui sebagai pendidikan tinggi di bawah naungan Yayasan Perguruan Nusa Putra Sukabumi.

Pada tahun 2012 lokasi kampus berpindah ke lokasi yang sekarang sedang ditempati oleh kampus NPU yaitu di Jl. Raya Cibatu Cisaat No.21, Cibolang Kaler, Kec. Cisaat, Sukabumi Regency, Jawa Barat 43155.

Pada saat ini NPU memiliki 4 Fakultas dengan 10 Program Studi Sarjana (S1) dan 2 Program Studi program Diploma Tiga (D3), di antaranya sebagai berikut :

Manajemen (S1)

Akuntansi (S1)

Ilmu Hukum (S1)

Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)

Teknik Mesin (S1)

Teknik Elektro (S1)

Teknik Sipil (S1)

Teknik Informatika (S1)

Sistem Informasi (S1)

Desain Komunikasi (S1)

Teknik Mesin (D3)

Teknik Elektronika (D3)

Seiring berjalannya waktu, jumlah mahasiswa pun meningkat, Pada saat ini jumlah mahasiswa yang belajar di NPU mencapai ribuan dan telah memiliki alumni yang tersebar di seluruh Indonesia dan berbagai Negara.

Tidak hanya itu, NPU juga sudah bekerjasama dengan Universitas dan Perseroan Terbatas (PT), seperti Jepang, Korea, Malaysia, Thailand, Taiwan dan Filipina. Dengan begitu NPU akan dikenakan oleh kancah Internasional. Sebagaimana Visi NPU, yaitu “Menjadi institusi pendidikan tinggi unggul melampaui standar nasional pada tahun 2030 dan kelas dunia pada tahun 2045 di bidang sosial, sains dan teknologi yang tangguh sebagai ujung tombak untuk menghasilkan sumber daya manusia yang cerdas, kreatif, inovatif dan religius.”

 

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours