News Value di Era Multiplatform

Estimated read time 3 min read
Multiplatform di dalam teknologi informasi yaitu software yang digunakan untuk mengkombinasikan beberapa sistem operasi yang berbeda, antara perangkat lunak dan perangkat keras yang bertujuan untuk memaksimalkan jangkauan terhadap target komunikan. Multiplatform ini di antaranya ada Tablet, Komputer, Smart Tv dan Ponsel.

Media Online dapat memuat naskah lebih banyak dibandingkan dengan media cetak atau konvensional. Jika media online tersebut menggunakan halaman web berkualitas, maka media online tersebut bisa menampung banyak tulisan di halamannya sebagai informasi berita. Media online sudah dipastikan  dapat memberikan informasi yang lengkap, berbeda dengan media cetak atau media konvensional yang jumlah karakter atau katanya dibatasi karena halaman.

Keunggulan dari media online yaitu dengan kita membuat informasi yang disajikan ke media online, maka kita bisa menerima tanggapan dari pembaca secara langsung melalui kolom komentar. Para komentar ini disebut sebagai netizen sedangkan para pembenci informasi atau penghujat berita biasa disebut sebagai haters. Keunggulan lainnya jika terdapat kesalahan informasi atau salah ketik, penulis dapat menggantinya sewaktu-waktu. Berbeda dengan media konvensional atau media cetak yang sudah tidak bisa diubah jika terdapat kesalahan informasi.

Jadwal terbit pada suatu media online bisa dilakukan kapan saja bahkan setiap saat. Umumnya berita di media online bisa dikatakan merupakan berita yang tak pernah basi atau bisa dibaca kapanpun. Berita dalam media online akan cepat terbaca oleh para pembaca atau masyarakat selama ia mengakses berita tersebut. Ketika kita mengunggah naskah atau berita kita di media online, maka orang akan langsung dapat membaca berita yang kita unggah. Mungkin ini salah satu penyebabnya bahwa kebanyakan pembaca mulai beralih ke media online dibandingkan dengan media cetak.

Berita  yang disajikan di media online membuat beritanya bisa mengalami pembaruan. Berita dalam media online ini merupakan komunikasi interaktif atau komunikasi dua arah yang bisa mendapatkan tanggapan secara langsung dari komunikan atau si penerima pesan. Media online ini dapat menyajikan beberapa berita yang nantinya menjadi suatu data. data-data tersebut bisa saja disimpan dan sewaktu-waktu bisa di repost atau dipublikasikan ulang sesuai dengan kebutuhan redaksi.

Berita-berita dalam media online dapat terhubung satu sama lain. Hal ini biasa disebut sebagai artikel terkait atau hyperlink. Hal ini ini juga bisa disebut sebagai salah satu keunggulan dari media online jika dibandingkan dengan media cetak atau konvensional.

Konten yang berada di dalam media online merupakan konten yang bersifat multimedia atau konten yang digital.Dalam media online, bisa memberitakannya secara multimedia yaitu mengandalkan audio dan visual. Dari media online adalah adanya link yang bisa dikaitkan, hal ini bisa saja menaikan traffic rating website kita sebagai penyedia berita online atau media online.

 

You May Also Like

More From Author

1 Comment

Add yours

+ Leave a Comment