Kuliah Daring Membosankan? Yuk, Terapkan Tips berikut Supaya Perkuliahan Kamu Lebih Efektif!

Estimated read time 4 min read

Sudah satu tahun lebih pandemi virus Covid – 19 melanda dunia termasuk Indonesia. Selama itu juga pemerintah Indonesia mengeluarkan kebijakan untuk melakukan work from home atau WFH. Kebijakan tersebut juga berlaku bagi dunia Pendidikan, pemerintah dalam hal ini Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) menerbitkan Surat Edaran Nomor 3 Tahun 2020 tentang Pencegahan Covid-19 pada Satuan Pendidikan sebagai antisipasi terhadap penyebaran virus Corona di berbagai sekolah maupun perguruan tinggi, dengan meniadakan sementara kegiatan pembelajaran tatap muka dan menggantinya dengan bekerja dari rumah (WFH) dan belajar dari rumah (LFH) melalui pembelajaran daring dengan berbagai macam media.

Hal ini dilakukan guna mencegah dan menghindari penyebaran virus Corona Covid-19 yang tengah merebak di beberapa negara termasuk di Indonesia.  Bekerja dari rumah (WFH) dan Belajar dari rumah (LFH), tidak berkumpul dan menjaga jarak dianggap cara yang terbaik untuk memutus mata rantai penyebaran virus ini.

Melalui pembelajaran daring mahasiswa dapat belajar seperti biasanya dan tidak akan ketinggalan materi perkuliahan, serta waktu yang lebih fleksibel.  Namun pembelajaran daring ini tidak sepenuhnya disambut baik oleh para mahasiswa, karena ada sebagian mahasiswa yang menganggap pembelajaran daring ini lebih menyulitkan dibandingkan dengan pembelajaran biasa dan tingkat pemahaman materi yang dirasa lebih baik jika melakukan kuliah tatap muka. Berikut adalah 7 tips yang bisa kamu terapkan agar kuliah daring lebih efektif.

 

1. Siapkan Aplikasi dan Koneksi Internet yang Menunjang Kegiatan Kuliah dan Pengerjaan Tugas

 

Kuliah daring dalam kondisi pandemi saat ini menuntut kita untuk mepersiapkan banyak hal yang bisa mendukung proses kuliah yang akan dijalankan. Di antaranya ialah koneksi internet dan aplikasi penunjang kegiatan kuliah daring ini. Aplikasi ini meliputi aplikasi video teleconference seperti Zoom Meeting, Google Meet. Selain itu, kita juga perlu menyiapkan aplikasi belajar seperti Edlink dan Haruka, media sosial atau website penunjang belajar online seperti WhatsApp Group dan Portal Kampus yang bisa mendukung pengerjaan tugas-tugas kuliah daring sesuai dengan kesepakatan bersama dengan dosen dan teman-teman sekelas. Jika kamu mempersiapan lebih awal, maka proses belajar akan berlangsung lebih efektif.

2. Cek Jadwal Kuliah Daring dengan Teliti dan Berkala

 

Tips kuliah daring yang kedua untuk mendapatkan materi kuliah secara efektif, sebaiknya kita menyusun jadwal kuliah daring yang kita ikuti. Penyusunan jadwal ini juga penting untuk menentukan jadwal belajar yang akan direncanakan ke depannya

3. Kenali Hal-Hal yang Bisa Memecah Konsentrasi Kamu Saat Kuliah Daring

 

Kenali gangguan atau  hal- hal yang bisa memecah konsentrasi saat kuliah daring. Misalnya penggunaan dan notifikasi aplikasi media sosial, kebiasaan menonton film dan drama hingga larut malam, menonton serial TV, video game dll. Setelah mengenali gangguan tersebut, perlahan kita bisa belajar untuk mengurangi hal-hal tersebut dan lebih fokus dengan kegiatan kuliah yang sedang berlangsung.

4. Cari Lokasi Belajar dan Kuliah Daring yang Tenang

 

Kuliah daring dari rumah tentu mempunyai rasa dan situasi yang berbeda dengan kuliah seperti biasa di dalam kelas. Kita cenderung untuk sulit berkonsentrasi. Oleh karena itu, sebaiknya kita mencari lokasi atau tempat kuliah dan belajar yang mendukung dalam berkonsentrasi dalam perkuliahan. Misalnya kuliah di kamar tidur, ruang belajar, dan ruang nyaman lainnya yang bisa menenangkan pikiran kamu.

5. Jangan Menunda Pengerjaan Tugas dari Dosen

 

Tugas yang diberikan dosen sebaiknya tidak ditumpuk hingga mendekati deadline. Menunda pengerjaan tugas hanya akan bikin diri kita kesulitan menyelesaikan tugas tersebut dengan efektif dan efisien. Kalau bisa dikerjakan dengan baik, maka proses kuliah daring juga akan terasa lebih ringan.

6. Ciptakan Suasana Menyenangkan Saat Kuliah Daring

 

Tidak hanya soal tempat yang nyaman, kamu juga perlu menciptakan suasana menyenangkan saat kuliah daring. Kamu juga bisa berdiskusi dengan teman-teman sekelas dan dosen yang mengajar terkait sistem belajar dan kuliah daring yang dijalankan. Jadi, kita bisa lebih enjoy melaksanakan tugas dan menjalani masa perkuliahan.

7. Manajemen Waktu dan Menjaga Kesehatan

 

Tips terakhir namun tak kalah penting, yaitu  upaya manajemen waktu dan menjaga kesehatan. Ketika kuliah daring, kita akan cenderung menatap layar laptop hampir seharian, banyak duduk dan kurang gerak serta rentan bergadang mengerjakan tugas. Oleh karena itu, penting untuk mengatur jadwal kegiatan kuliah setiap harinya dan memerhatikan kesehatan diri. Jangan paksaan diri kamu ya, tetap jaga pola makan dan waktu istirahat secara cukup dan seimbang.

Nah, itu dia 7 tips kuliah daring yang  efektif bagi mahasiswa. Selamat mencoba! 

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours