Kelebihan Dan Kekurangan Orang Dengan Kepribadian Introvert

Estimated read time 3 min read

Setiap orang memilliki rasa nyaman tersendiri dalam berinteraksi di kehidupan sosial. Ada orang yang nyaman menjadi introvert atau juga ekstrovert.

Introvert adalah salah satu tipe kepribadian yang lebih fokus pada pikiran, suasana hati, dan perasaan secara internal. Ada dua jenis tipe kepribadian yaitu introvert dan ekstrovert. Tipe kepribadian introvert cenderung lebih menyukai waktu bersama satu atau 2 orang. Introvert lebih nyaman dan fokus ketika menghabiskan waktu untuk sendiri. Namun beberapa orang menganggap tipe kepribadian ini tidak suka berhubungan sosial dan cenderung pendiam.

Seseorang yang lebih nyaman menjadi introvert memiliki kelebihan dan kekurangan sendiri dalam kehidupan sosial. Introvert biasa dinilai sebagai sosok yang tertutup dan pemalu. Tipe introvert cenderung lebih suka sendiri untuk memulihkan energi mereka. Berbeda dengan tipe ekstrovert yang lebih menyukai bertemu orang lain sesuai kebutuhan energi.

Hal ini membuatnya tidak bergitu nyaman ketika harus berhadapan dengan orang banyak. Berikut terdapat beberapa kelebihan dan kekurangan menjadi introvert.

  1. Lebih berhati-hati saat berbicara

Seorang introvert akan lebih menjaga dirinya saat berbicara. Biasanya saat berbicara ia akan langsung pada pokok bahasan yang akan diucapkan. Ia juga akan berusaha semaksimal mungkin menjaga perkataannya agar tidak melukai perasaan orang lain.

  1. Fokus

Seorang introvert memiliki tingkat fokus yang sangat tinggi. Hal ini karena ia tidak mudah terganggu dengan hal-hal yang ada di sekitarnya. Oleh karena itu, dalam mengerjakan sesuatu ia akan fokus dan lebih teliti.

  1. Kemampuan informasi

Sesorang intovert memiliki kemampuan informasi yang lebih besar dibandingkan orang lain. Ia memiliki pengetahuan terhadap banyak hal walaupun tidak berbaur dengan teman-teman lainnya. Hal ini karena dia memiliki rasa ingin tahu yang besar. Banyak hal-hal yang membuatnya membaca sehingga menambah pengetahuan yang dimiliki.

  1. Mereka biasanya pendiam

Seperti pepatah “Diam itu Emas”. Hal ini sangat memberikan keuntungan pada seorang introvert. Biasanya orang introvert lebih banyak melakukan aksi daripada bicara. Dengan pendiam, mereka juga terhindar dari berbagai masalah, karena tidak ingin ikut campur ke dalam permasalahan tersebut.

Adapun keurangan kepribadian introvert diantaranya:

  1. Seorang introvert kurang berpartisipasi dalam kegiatan di lingkungan sosial

Biasanya selain tidak mau, orang lain jadi malas untuk mengajaknya karena ia pasti menolaknya.

  1. Kesan pertama yang buruk

Saat pertama kali bertemu setiap orang pasti menginginkan kesan yang baik. Namun, seorang introvert biasanya mendapat kesan yang buruk. Hal ini karena sikapnya yang sulit atau tidak asyik saat diajak berbicara. Orang introvert juga biasanya cuek, sehingga orang lain bisa menilainya sebagai orang yang sombong.

  1. Komunikasi verbal

Introvert biasanya akan berhati-hati dalam berbicara. Namun, saat berbicara dengan orang lain, terkadang membuatnya tidak merasanya nyaman dan stres. Jika hal itu terjadi, pembicaraan yang dilakukan menjadi tidak efektif .

  1. Tidak ada kenalan (jaringan)

Kenalan atau jaringan sangat pertu terutama saat beranjak dewasa. Hal ini karena kenalan akan membantu dalam berbagai hal. Seorang introvert biasanya tidak memiliki jaringan. Hal itu membuatnya stres pada saat-saat tertentu karena tidak ada yang membantunya. Kenalan juga sangat penting untuk mengetahui berbagai informasi, terutama untuk mencari pekerjaan.

Nah itu dia kelebihan dan kekurangan seorang introvert semoga bermanfaat!

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours