5 Fakta Menarik Kuliah Jurusan PGSD Universitas Nusa Putra (NPU)

Estimated read time 4 min read

Buat kamu yang sebentar lagi lulus sekolah dan ingin berkuliah, kamu sudah saatnya untuk mempersiapkan jurusan untuk kuliah.

 

Nah, buat kamu yang gemar berinteraksi dengan anak-anak, jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) bisa jadi pilihan. Tidak perlu yang jauh karena Universitas Nusa Putra telah hadir untuk kamu.

 

Apa sih jurusan PGSD itu? Jurusan PGSD adalah jurusan kuliah yang mengarahkan lulusannya kelak untuk menjadi guru SD, namun bukan berarti dengan mengambil jurusan PGSD serta merta kamu hanya bisa bekerja di bidang tersebut, karena beberapa lulusan jurusan PGSD banyak yang sukses dalam karinya meskipun tidak menjadi guru SD.

 

Jurusan PGSD ini menjadi favorit bagi siswa SMA yang ingin terjun di dunia pendidikan. Di jurusan PGSD, kamu akan mempelajari semua materi pelajaran SD seperti Matematika, Bahasa Inggris, Bahasa Indonesia, IPA, IPS, Kesenian, dan sebagainya. Selain pemahaman akademis, kamu juga dituntut untuk memahami karakter dan pengembangan kepribadian seperti sikap santun, disiplin, pintar, dan berjiwa sosial.

 

Nantinya kamu akan bertanggung jawab membangun kepribadian siswa sejak dini. Setelah menjadi guru, kamu akan memberikan pondasi ilmu yang berguna sehingga siswa siap untuk menapaki jenjang pendidikan selanjutnya.

 

Lantas apa sih alasan penulis merekomendasikan untuk mengambil jurusan PGSD jika kamu memang memiliki minat untuk menjadi guru? Berikut ada beberapa fakta menarik jurusan PGSD yang harus kamu ketahui.

 

 1. Menjadi pribadi yang bermanfaat untuk sesama

Setiap guru pasti akan menjadi sosok yang memberi manfaat yang banyak untuk sesama terutama bagi anak didiknya. Dengan menjadi guru kamu bisa berbagi pengetahuan dengan anak didik kelak, selain itu juga kamu akan menjadi sosok yang membantu siswa dalam menemukan mimpi-mimpinya.

 

Terutama halnya guru SD yang bisa menjadi sosok yang sangat berperan dalam membentuk karakter siswanya, karena seperti yang kita ketahui bangku sekolah dasar ibaratkan pondasi yang menjadi landasan dalam pembentukan kepribadian anak didiknya menuju jenjang-jenjang pendidikan selanjutnya.

 

Sehingga sering dianalogikan bahwasanya “jika pondasi suatu bangunan sudah bagus maka bangunan tersebut pasti akan kuat sebaliknya jika pondasi suatu bangunan rapuh maka bangunan tersebut sangat rentang mengalami kerusakan”.

 

Maka dari itu tugas dari guru SD tidak bisa dianggap enteng, guru SD memiliki andil yang cukup besar dalam mencerdaskan generasi bangsa, maka berbanggalah kamu yang saat ini mengambil atau akan mengambil jurusan PGSD saat kuliah.

 

2. Menguasai berbagai disiplin ilmu pengetahuan

Jika kamu bertanya apa sih perbedaan antara guru SD dengan guru SMP atau guru SMA, maka sudah pasti memiliki beberapa perbedaan, salah  satu perbedaan mendasar antara guru SD dan guru lain adalah guru SD adalah guru kelas sedangkan guru SMP dan SMA merupakan guru mata pelajaran.

Masih bingung apa pebedaan guru kelas dan guru mata pelajaran? Ayo kita sedikit mengulasnya!

 

Guru mata pelajaran artinya guru tersebut hanya mengajarkan mata pelajaran tertentu dalam karirnya sebagai seorang guru, misalnya saja hanya mengajarkan mata pelajaran Fisika, kimia, ekonomi, sejarah sedangkan guru kelas adalah guru yang mengajarkan semua mata pelajaran yang diprogramkan pada kelas tersebut.

 

Misalnya saja sebagai guru SD kamu mengajar di kelas V maka semua mata pelajaran yang ada di kelas V menjadi tanggung jawab kamu untuk mengajarkannya, sehingga guru SD dituntut memiliki wawasan yang luas karena memiliki tanggung jawab untuk mengajarkan berbagai displin ilmu pada siswa-siswanya.

 

3. Prospek kerja

Sesuai dengan nama jurusannya, nantinya kamu mempunyai prospek bekerja yang jelas yakni menjadi guru sekolah dasar. Saat ini, ketersediaan guru SD masih sedikit dan belum memenuhi kebutuhan, terutama di daerah-daerah pedalaman.

 

Jika kamu memilih kuliah di jurusan ini, kamu bisa berkarya di daerah pedalaman yang membutuhkan tenagamu sebagai guru. Selain guru SD, kamu juga bisa menjadi pengajar di bimbingan belajar.

 

4. Dididik untuk menjadi sosok yang penyayang

Salah satu ciri khas dari mahasiswa jurusan PGSD khususnya mahasiswa Universitas Nusa Putra yakni mereka diarahkan untuk menjadi sosok penyayang kelak, hal tersebut tak lepas dari siswa yang mereka akan ajar yaitu siswa sekolah dasar. Sehingga sangat penting bagi seorang calon guru SD untuk memiliki sikap penyayang terhadap sesama.

 

Kondisi psikologis siswa SD yang memang butuh sikap lemah lembut dari seorang guru, membuat mahasiswa jurusan PGSD harus memiliki kompetensi social tersebut agar kelak mampu mendidik muridnya dengan bijaksana.

 

5. Kreatif

Calon guru SD juga harus kreatif. Kreativitas sangat diperlukan oleh seorang guru SD baik dalam hal mengelola kelas maupun dalam proses pembelajaran.

 

Hal ini sangat penting ketika mengembangkan pembelajaran seorang guru dapat menciptakan pembelajaran yang menyenangkan bagi siswa.

 

Kreatifitas dalam mengembangkan media pembelajaran untuk mempermudah siswa memahami materi pembelajaran. Kreativitas dalam mengelola kelas sehingga setiap anak merasa aman dan tentram ketika berada di dalam kelas.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours