Inilah 7 Tips Berolahraga Di Masa Pandemi Agar Kamu Tetap Sehat

Estimated read time 3 min read

Di tengah pandemi Covid-19 yang telah berlangsung selama kurang lebih setahun ini, di mana kita dipaksa untuk melaksanakan social distancing dan work from home yang berakibat pada gaya hidup kurang gerak. Gaya hidup seperti ini akan mempengaruhi daya tahan tubuh dan meningkatkan stress. Maka dari itu, kita butuh berolahraga.

Selain dapat meningkatkan daya tahan tubuh, olahraga juga bisa membuat tubuh agar menghasilkan hormon endorphin yang berfungsi membuat perasaan bahagia. Berikut 7 tips berolahraga dengan aman di tengah pandemi Covid-19.

 

1.      Olahraga minimal 30 menit

 

Menurut World Health Organization (WHO) disarankan untuk melaksankan olahraga minimal 30 menit dalam sehari, selama lima kali dalam seminggu dengan memperhatikan tahapan yang benar. Olahraga yang terlalu berat hanya akan membuat cidera pada tubuh, dengan tahapan yang benar seperti melakukan pemanasan akan menghindarkan tubuh dari cidera.

 

2.      Lakukan Olahraga di rumah

 

Saat pandemi, rumah sendiri yang terjaga kebersihannya tentu tempat paling aman untuk berolahraga, dengan hanya berinteraksi dengan keluarga akan memperkecil resiko anda tertular Covid-19. Meskipun di dalam rumah, olahraga yang anda lakukan bisa tetap optimal. Olahraga seperti push-up, shit-up, plank, dan squat adalah beberapa contoh olahraga yang dapat anda lakukan di rumah. Selain itu, anda juga dapat mengikuti kelas kebugaran online ataupun menonton tutorial di Youtube.

 

3.      Olahraga tipe solo

 

Ketika anda merasa bosan berolahraga di dalam rumah dan ingin melakukan olahraga outdoor, hindari olahraga tim atau penggunaan alat olahraga secara bersama-sama, hindari juga berlahraga di pusat kebugaran atau GYM karena dapat menjadi tempat penyebaran virus, dan sebaiknya kurangi juga kontak dengan orang lain, cobalah untuk berloahraga tipe solo seperti bersepeda, skipping, jalan kaki, jogging, dan lain-lain.

 

4.      Minum air yang cukup

 

Setelah selesai berolahraga, jangan lupa untuk minum air putih yang agar tidak mengalami dehidrasi. Setiap hari setidaknya tubuh membutuhkan 2,5 liter air putih. Minum air putih yang cukup akan membantu pembakaran lemak dan meningkatkan metabolisme tubuh. Asupan air putih juga dapat memperlancar saluran pencernaan. Selain itu, keseimbangan cairan dalam tubuh dapat memperkuat daya tahan tubuh.

 

5.      Tetap menggunakan masker saat berolahraga

 

Selama berolahraga di luar rumah jangan lupa untuk tetap menggunakan masker. Karena terbukti menggunakan masker dapat mengurangi tingkat risiko penularan virus Covid-19. Penggunaan masker sesuai protokol kesehatan pada olahraga ringan hingga sedang tidak menjadi masalah, namun perlu diketahui penggunaan masker pada olahraga berat dapat membuat tidak nyaman dan susah bernapas. Seorang psikolog dan professor pada School of Health Science di Central Michigan University, Lana V. Ivanitskaya, mengatakan penggunaan masker saat berolahraga dapat menjadi masalah yang berbahaya bagi kesehatan dan tidak banyak orang yang menyadari, apalagi jika memiliki riwayat pada paru-paru maupun jantung.

 

6.      Tetap menjaga jarak

 

Selama berolahraga di luar rumah disarankan untuk tetap menjaga jarak sekurang-kurangnya 2 meter dan tidak disarankan untuk mengobrol dengan orang yang anda temui selama berolahraga di luar. Dengan demikian, kamu akan terhindar dari resiko bersentuhan atau terkena droplet dari mulut dan hidung orang yang telah terinfeksi Covid-19.

 

7.      Segera mandi dan ganti baju

 

Setelah kembali dari olahraga di luar rumah tidak disarankan untuk langsung duduk dan berkumpul bersama keluarga, segeralah pergi mandi dengan sabun dan keramas. Taruh pakaian kotor dan peralatan yang telah digunakan di tempat yang tidak mudah di jangkau atau langsung mencucinya dengan menggunakan desinfektan.

Itulah tips berolahraga dengan aman, jangan lupa diaplikasikan! Juga tetap terapkan 3M. Mencuci tangan, Memakai masker, dan Menjaga jarak. semoga pandemi covid-19 ini cepat berakhir dan terhidar dari virus covid-19.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours