MAHASISWA DAN INTELEKTUAL

Estimated read time 3 min read

   Mahasiswa!! Sebuah ucapan yang pas untuk diberikan kepada mereka yang melanjutkan pendidikan di tingkat yang lebih tinggi. Kata Mahasiswa itu sendiri punya artian yang dapat dengan mudah kita gambarkan. Kata Mahasiswa adalah padanan dari kata Maha yang artinya besar dan siswa adalah murid, atau anak. Kata Mahasiswa diberikan kepada mereka yang melanjutkan pendidikan di jenjang yang lebih tinggi sebagai bentuk apresiasi terhadap diri mereka karena dengan semangat ingin menuntut ilmu. Kata Mahasiswa sendiri menjadi pembeda ketika disandingkan dengan kata siswa atau siswi yang masih berada dalam taraf pendidikan di bangku SD, SMP, SMA ,atau SMK. Pembeda dari tumpukan kata antara mahasiswa dan siswa atau siswi adalah,mahasiswa ialah mereka yang telah mencapai taraf pendidikan tertinggi yang dimana materi yang diterima dan juga waktu belajar mereka menjadi lebih banyak dan juga padat. Cenderung mahasiswa mengalami pelajaran yang sangat rumit yang bahkan tidak didapat saat masih berada di bangku SD,SMP,ataupun SMA. Selain itu,pola pikir,cara berbicara juga menjadi pembeda utama yang menjadikan mahasiswa itu berbeda dengan siswa lainya. Pola pikir mahasiswa dituntut untuk berpikir kreatif, imajinatif dan lebih memperhatikan kehidupan sosial masyarakat yang ada di sekitarnya. Oleh karena itu mahasiswa sering disebut juga sebagai kaum intelektual.

   Berbicara tentang kaum intelektual,kaum intelektual adalah kita yang memiliki jiwa terpelajar. Kaum intelektual ialah kita yang menuai banyak ilmu yang kemudian ilmu tadi dapat kita tuangkan dalam kehidupan sehari-hari. Kaum intelektual ialah kaum yang dituntut untuk selalu belajar, selalu mencoba hal-hal baru, yang berani menemukan sesuatu dan menerapkan sesuatu yang baru dalam kehidupan sehari-hari. Selain itu tidak lupa bahwa kaum intelektual adalah kaum yang berani untuk membenarkan suatu hal yang benar tanpa takut ancaman ataupun terpengaruh oleh intervensi dari kaum-kaum yang ingin mempengaruhi dengan kata lain bahwa kaum intelektual tidak mudah untuk dipengaruhi pemikirannya.

   Mahasiswa disebut sebagai kaum intelektual karena mahasiswa berasal dari masyarakat yang merupakan kaum awam. Masyarakat yang haus akan ilmu pendidikan dan tuntutan dunia. Dimana seseorang diutus untuk mempelajari suatu hal baru,dituntut untuk belajar sebagai pemenuhan atas jiwa-jiwa masyarakat yang haus akan perubahan. Dinamika dunia terus berlanjut,teknologi semakin berkembang dan masyarakat butuh perubahan. Bukan diam dan hanya sebatas untuk ikut tren.

   Jadilah mahasiswa yang punya daya pikir luas,mampu mencoba dan menghasilkan hal-hal baru. Buat dirimu,sesama bahkan masyarakat kagum terhadap kamu. Barulah kamu pantas untuk disebut mahasiswa intelektual. Mulailah dari sekarang,di pundakmu dititipkan banyak harapan,harapan yang datang dari masyarakat tempat kamu dibesarkan. Jangan menyerah pada keadaan,tunjukan pada dunia bahwa kamu adalah mahasiswa punya intelektual tinggi.

 

Penulis: Chiko

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours