KEJURNALISTIKAN DI ERA MULTIPLATFORM

Estimated read time 3 min read

Multiplatform (Lintas platform) merupakan istilah dalam teknologi informasi mengenai sebuah perangkat lunak yang dapat digunakan di beberapa sistem operasi yang berbeda, dan mengkombinasikannya antara perangkat lunak dan perangkat keras dengan tujuan memaksimalkan jangkauan terhadap target komunikan.

Jenis multiplatform dalam teknologi informasi (perangkat keras) :

·         Media cetak

·         Smart TV

·         Tablet

·         Laptop/pc computer

·         Ponsel

Jenis multiplatform dalam teknologi informasi (perangkat lunak) :

·         Google chrome

·         Facebook

·         Twitter

·         Instagram

·         Telegram

·         Youtube

·         WhatsApp

·         Dll

 

Dalam dunia kejurnalistikan, adanya multiplatform sangat membantu jurnalis dalam mengembangkan inovasi baru pada produk di era teknologi modern seperti ini. Adapun produk jurnalistik dalam era multiplatform dan nilai manfaatnya adalah sebagai berikut :

o   Berita tulis (teks)

o   Berita video

o   Infografis

o   Podcast

o   Foto

 

Tak hanya itu, dengan digunakannya lintas platform untuk kejurnalistikan tentunya memiliki keunggulan yang signifikan, di antaranya sebagai berikut :

o   Update (terbaru)

o   Dapat segera dikoreksi

o   Interaktif

o   Memaksimalkan kreatifitas

o   Jangkauan luas

o   Penyebaran masif

o   Berpeluang menjadi trending topic

Adapun naikkan nilai manfaat yang didapat antara lain :

o   Transaksi keuangan

o   Petunjuk arah

o   Kupon

o   Berbagi file

o   Dll

 

Media online dalam era globalisasi dewasa saat ini semakin berkembang pesat, hampir semua kalngan menggunakan media online untuk berkomunikasi, begitupun dengan seorang jurnalis yang tak akan melewatkan hal itu. Adapun beberapa karakteristik media online yaitu sebagai berikut :

1.      Kapasitas Luas

2.      Informasi lengkap

3.      Tanggapan cepat

4.      Editing naskah

5.      Publikasi

6.      Berita basi

7.      Cepat terakses

8.      Jangkauan luas

9.      Aktual

10.  Pembaruan berita

11.  Interaktif

12.  Tersimpan

13.  Saling terhubung

14.  Konten multimedia

15.  Link/backlink

 

Seorang jurnalis jika akan memulai menyebarluaskan informasi dengan menggunakan multiplatform tentunya memiliki perencanaan yang matang terlebih dahulu. Adapun teknik perencanaan dan manajemen isu yang dilakukan adalah sebagai berikut :

1.      Rapat Redaksi, yaitu rapat yang dihadiri oleh tim redaksi, membahas perencanaan berita, foto, narasumber yang harus diwawancarai, angle berita, desain grafis.

2.      Pengumpulan Data dan Pembuatan Berita, kegiatan mengumpulkan bahan berita, mulai dari wawancara, pengumpulan data dari sumber tertentu, pengambilan foto, video, suara, hingga mengolahkan menjadi berita dalam berbagai bentuk atau jenis berita.

3.      Manajemen Isu, jika medianya adalah harian, biasanya ditentukan tema isu unggulan. Berita unggulan ini menjadi running news, biasanya dalam sepekan. idealisme dalam pembuatan berita adalah, membawa sebuah misi yang sukses bagi kepentingan orang banyak.

 

Dalam dunia kejurnalistikan, ada teknik untuk membuat berita terhangat/ter-update yang ditulis secara singkat dan lugas (straight news) yaitu menulis dengan menggunakan piramida terbalik dan menyantumkan unsur 5W + 1H. 

1.      who (siapa tokoh yang terlibat),

2.      what (apa kegiatannya),

3.      where (dimana lokasinya),

4.      when (kapan peristiwa terjadi),

5.      why (mengapa peristiwa itu terjadi),

6.      how (bagaimana urutan peristiwanya), dan

7.      so what (lalu apa selanjutnya).

More From Author

+ There are no comments

Add yours