“KEMAHASISWAAN” by Riza Aulia

Peran Mahasiswa dalam Kehidupan Masyarakat

Mahasiswa merupakan sebuah status bagi orang yang sedang menempuh pendidikan di perguruan tinggi. Untuk memenuhi status tersebut, seorang mahasiswa diharapkan untuk memiliki kemampuan tinggi dalam segala hal, baik dalam bidang akademis maupun non akademis.

Peran seorang mahasiswa sebenarnya tidak hanya terletak di dunia perkuliahan saja, namun juga mahasiswa diharapkan memiliki peran penting bagi kehidupan masyarakat. Hal tersebut sudah tercantum sebagaimana dalam Tridharma Perguruan Tinggi yang ketiga yaitu mengenai ‘pengabdian kepada masyarakat’. Untuk itu, seorang mahasiswa sangat dibutuhkan untuk membantu menjadi pendorong kemajuan suatu bangsa dan negara.

Menurut beberapa sumber, terdapat 5 (lima) peran fungsi mahasiswa, yakni yang pertama yaitu sebagai mahasiswa sebagai agent of change, atau bisa artikan mahasiswa sebagai agen perubahan. Agen perubahan disini artinya mahasiswa sebagai penggerak yang mengajak masyarakat untuk melakukan perubahan ke arah yang lebih baik. Sebagai agen perubahan, mahasiswa juga memiliki peran untuk mengubah tatanan sosial dan pemerintahan dengan menyuarakan aspirasi rakyat untuk menjunjung tinggi nilai – nilai keadilan. Yang kedua yaitu sebagai guardian of value, yaitu mahasiswa sebagai penjaga nilai – nilai yang ada di masyarakat. Artinya mahasiswa harus mampu menjaga dan melindungi nilai – nilai yang ada di masyarakat guna terwujudnya kemajuan bangsa. Yang ketiga sebagai moral force, yaitu mahasiswa sebagai salah satu dari kalangan intelektual harus mampu mencerminkan suri tauladan bagi orang lain. Dalam hal ini, mahasiswa diharapkan memiliki moral yang baik agar bisa menjadi contoh yang baik bagi masyarakat guna menciptakan kehidupan bangsa yang beradab. Yang keempat sebagai social control, yang memiliki arti mahasiswa sebagai pengontrol kehidupan masyarakat. Sebagai pengontrol kehidupan, seorang mahasiswa harus mampu melakukan kontrol di kehidupan sosial dengan memberikan kritik, masukan, dan solusi apabila terjadi hal – hal yang bertentangan dengan nilai – nilai keadilan di masyarakat. Dan yang terakhir yaitu sebagai iron stock, yaitu mahasiswa sebagai calon penerus bangsa. Artinya seorang mahasiswa diharapkan memiliki keterampilan serta akhlak yang baik agar nantinya bisa menjadi pemimpin yang baik yang bisa menjadi cerminan bagi rakyatnya.

Sebagai seorang yang memiliki status mahasiswa, sudah seharusnya menerapkan peran fungsi tersebut sebagaimana yang sudah dijelaskan sebelumnya, dan tidak seharusnya seorang mahasiswa menutup mata akan kejadian – kejadian yang melanggar norma di masyarakat. Seorang mahasiswa yang baik tentunya harus mampu menjaga nama baik dirinya, keluarganya, maupun instansi yang sedang ditempuhnya.

More From Author

+ There are no comments

Add yours