Mahasiswa Wajib Tahu, Inilah Cara Ampuh Membasmi Virus di PC dan Laptop

Estimated read time 3 min read

Virus komputer atau laptop merupakan penyebab utama dari kerusakan data atau kerusakan komputer atau laptop yang kita miliki. Maka dari itu virus ini sangat berbahaya bila dibiarkan terus ada dan melekat pada komputer atau laptop yang kita miliki, sehingga kita harus menghilangkan virus tersebut dari laptop atau komputer kita, agar data-data yang kita miliki tidak hilang atau diretas oleh orang lain. Maka dari itu pada artikel kali ini, mimin mau membagikan ilmu ke kalian mengenai cara ampuh menghapus virus dari pc atau laptop yang kalian miliki.

Pastikan Kalian Sudah Punya Backup

Cara pertama dan yang sangat paling utama adalah pastikan Kalian sudah punya backup. Selalu sediakan backup data-data komputer atau laptop Kalian di harddisk eksternal atau cloud. Jadi ketika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan seperti serangan Virus, data Kalian tetap aman.

Putuskan Koneksi Internet

Setelah itu, jika komputer atau laptop Kalian terhubung dengan internet, segera putuskan koneksi internet ketika Kalian curiga Virus sudah menyerang. Hal ini dilakukan untuk menghindari transmisi data dari komputer Kalian ke pihak lain melalui internet. Selain itu, koneksi internet biasanya adalah jalan masuk Virus.

Jalankan Safe Mode

Safe Mode adalah pilihan menjalankan Windows yang digunakan ketika hendak memperbaiki kerusakan di perangkat, salah satunya adalah saat terjadi serangan Virus. Untuk masuk ke Safe Mode, yang perlu Kalian lakukan adalah:

  1. Restart komputer atau laptop
  2. Tekan F8 di keyboard
  3. Muncul pilihan Safe Mode, yaitu Safe Mode (tanpa jaringan internet), Safe Mode with Networking (dengan jaringan internet), dan Safe Mode with Command Prompt.
  4. Pilih Safe Mode

Hapus Temporary Files

Sebelum melakukan scanning secara menyeluruh, yang perlu Kalian lakukan adalah menghapus temporary files di perangkat Kalian. Ini perlu dilakukan untuk mempercepat proses scanning, meringankan disk space, dan bahkan menghapus beberapa file Virus. Jika menggunakan Windows 10, Kalian bisa mulai menghapus temporary files dengan fitur Disk Cleanup. Ketikkan Disk Cleanup di search bar. Kemudian pilih drive mana yang ingin Kalian bersihkan.

Scan Perangkat Menggunakan Anti Virus

Jika Kalian sudah punya software anti virus atau anti Virus terpasang di komputer/laptop, langsung scan perangkat secara menyeluruh. Proses scanning biasanya akan berlangsung selama 15 menit atau satu jam. Kalian cukup menunggu sampai proses scanning selesai dan software anti Virus akan secara otomatis menghapus Virus.

Gunakan Windows Defender

Tidak semua pemilik komputer atau laptop menginstall software anti Virus di perangkatnya. Jika Kalian termasuk salah satunya, tak perlu khawatir. Sebab Windows sudah menyediakan software anti Virus bawaan, yaitu Windows Defender. Untuk membuka Windows Defender, klik Settings > Update & Security > Windows Defender. Kalian juga bisa langsung ketikkan Windows Defender di search bar. Setelah itu, pilih Open Windows Defender Security Center > Virus & threat protection > Advanced Scan

Hapus Program Tidak Dikenal

Setelah proses scanning dan penghapusan Virus selesai, kini saatnya untuk menghapus software atau program mencurigakan di perangkat Kalian. Lihat daftar program/software yang terinstall di perangkat Kalian dan cek apakah ada program yang tidak Kalian kenal. Untuk mengeceknya, buka File Explorer lalu klik This PC > Computer > Uninstall or change a program. Kalian juga bisa membukanya melalui Windows Settings > Apps. Cek satu per satu program di daftar tersebut. Jika ada program yang tidak Kalian kenal, langsung uninstall.

Melakukan reset browser

Seperti yang sudah dijelaskan di awal, Virus kerap kali bersumber dari unduhan browser. Maka dari itu, salah satu cara menghilangkan Virus juga berhubungan dengan browser. Khusus di bagian ini, Kalian akan temukan cara menghilangkan Virus di browser. Ada tiga browser yang akan kami bahas, yaitu Google Chrome, Mozilla Firefox, dan Microsoft Edge.

Demikian artikel kali ini, terimakasih karena sudah membaca dari awal sampai akhir, salam jurnalis nuansa“the power of writing, satu tulisan sejuta perubahan”.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours