Lakukan Hal Ini Saat Kamu Merasa Malas

Estimated read time 2 min read

Nyatanya musuh terbesar dalam belajar maupun dalam mengerjakan tugas bukanlah orang lain. Melainkan adalah rasa malas yang mucul dalam diri kita sendiri. Malas merupakan kebiasaan yang tidak baik. Maka dari itu, sebaiknya kebiasaan ini dihilangkan.

Bagaimana cara menghilangkan rasa malas? Pertanyaan tersebut biasanya dilontarkan oleh seseorang yang menyadari dirinya terlalu sering membuang-buang waktu, namun belum bisa keluar dari zona nyaman. Malas merupakan sebuah kebiasaan yang kurang baik. Jika dibiarkan begitu saja, rasa malas bisa berdampak pada diri sendiri maupun orang lain. Rasa malah bisa menimbulkan beragam kerugian.

Berikut ini, cara menghilangkan rasa malas yang bisa Anda lakukan agar dapat kembali produktif.

  1. Melakukan Aktivitas Fisik

Rasa malas bisa muncul karena kita sulit mengatur fokus. Untuk mengembalikan fokus, kamu bisa mencoba melakukan aktivitas fisik di tengah-tengah kegiatan. Kamu bisa mengambil jeda waktu ketika saat belajar untuk sekedar jalan-jalan santai.

Sebuah penelitian menyebutkan bahwa aktivitas fisik atau olahraga bisa membuat pikiran seseorang menjadi fokus. Dengan demikian, kamu menjadi lebih bersemangat dan rasa malas pun hilang. Tak hanya itu, olahraga juga bisa meningkatkan kemampuan konsentrasi jangka panjang.

  1. Melakukan Meditasi

Meditasi merupakan cara menghilangkan rasa malas yang bisa dilakukan dalam waktu yang relatif singkat. Kamu bisa melakukan meditasi di waktu tertentu, misalnya di pagi hari atau saat sedang istirahat. Meditasi dipercaya bisa membuat kita menjadi lebih konsentrasi. Selain itu, meditasi juga membuat kita menjadi lebih tenang dan dapat mengelola emosi dengan baik.

  1. Istirahat dengan cukup

Rasa malas juga kerap kali dirasakan oleh para belajar dan mahasiswa. Salah satu cara agar tidak malas belajar yaitu dengan mencukupi kebutuhan istirahat. Bagaimanapun tubuh manusia memerlukan waktu rehat agar bisa kembali normal. Maka dari itu, sangat penting bagi kita untuk menerapkan pola istirahat yang cukup yakni sekitar 7-9 jam per hari. Dengan mencukupi kebutuhan tidur atau istirahat, maka tubuh akan terasa lebih segar, tidak lelah, dan tidak malas untuk beraktivitas.

  1. Menyalurkan hobi

Setiap orang mungkin memiliki kegemaran yang berbeda-beda. Aktivitas menyenangkan yang dilakukan di waktu luang secara terus menerus bisa disebut sebagai hobi. Umumnya hobi memang dilakukan di waktu luang, namun untuk beberapa kasus menyalurkan hobi bisa menghilangkan rasa malas. Dengan rutin melakukan hobi, maka kita akan merasa lebih bahagia, memiliki banyak motivasi, dan menikmati hidup. Maka dari itu, hobi bisa menjadi salah satu cara menghilangkan rasa malas.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours