Ingin Berat Badan Ideal Tanpa Diet Ketat? Kepoin Tipsnya Yuk!

Estimated read time 3 min read

Memiliki berat badan ideal merupakan dambaan setiap orang. Demi memiliki tubuh yang ideal tak jarang orang menggunakan cara yang terkadang malah berdampak buruk bagi dirinya sendiri karena memilih cara diet yang sembarangan. Dari diet ketat, hingga mengonsumsi suplemen-suplemen diet pasti pernah dilakukan. Namun, tahukah kamu jika diet ketat dapat memicu sejumlah masalah kesehatan fisik dan mental? Diet ketat dapat memicu sejumlah masalah psikologis, termasuk stres, perubahan suasana hati, bahkan depresi.

Sebenarnya ada banyak cara alami yang bisa membuat tubuh menjadi ideal, hanya saja memang cara alami tersebut memerlukan proses yang lama dan sangat butuh kesabaran.

Cara diet alami bisa dibilang merupakan cara diet yang baik karena tidak menimbulkan efek samping seperti saat diet dengan mengonsumsi obat-obatan.

Jika ingin menurunkan berat badan, sebaiknya dilakukan dengan cara yang baik. Tidak perlu melakukan diet ketat, kamu bisa mendapatkan berat badan idaman dengan melakukan beberapa langkah. Berikut ini tips menurunkan berat badan tanpa diet ketat :

  1. Jangan Melewatkan Sarapan

Kamu perlu mengetahui jika mengurangi berat badan dapat dilakukan dengan mengurangi jumlah kalori makanan, bukan jumlah makanan itu sendiri. Jadi, melewatkan waktu sarapan sangat tidak disarankan. Sarapan juga bermanfaat untuk mengerem nafsu makan saat makan siang.

  1. Cukupi Kebutuhan Air Putih

Mencukupi kebutuhan air putih dapat menekan rasa lapar. Hal tersebut dikarenakan perut sudah terisi dengan air, sehingga lebih cepat merasa kenyang. Cara yang satu ini dapat menjadi tips menurunkan berat badan tanpa diet ketat.

  1. Perbanyak Konsumsi Makanan Berserat

Selain mencukupi kebutuhan air putih, kamu juga perlu memperbanyak konsumsi makanan berserat agar tidak cepat merasa lapar. Makanan jenis ini akan membuat perut lebih cepat kenyang, tetapi tidak membuat cepat lapar. Hal tersebut secara tidak langsung akan membuat porsi makan berkurang. Kamu bisa mendapatkan kandungan tinggi serat di dalam sayuran, buah, kacang, oat, konyaku, dan biji-bijian.

  1. Konsumsi Makanan Bergizi Seimbang

Jika kamu senang mengonsumsi camilan, sebaiknya ganti camilan kesukaan dengan makanan sehat bergizi seimbang. Jika sebelumnya menyukai cake, biskuit, keripik, dan makanan manis sebagai camilan, sebaiknya ganti dengan kacang-kacangan, buah-buahan, granola, atau makanan bergizi lainnya.

  1. Konsumsi Makanan Tinggi Protein

Protein menjadi kandungan yang memiliki peran dalam pembentukan otot dan pembakaran lemak. Berbagai makanan yang menjadi sumber protein, yaitu daging ayam, daging sapi, susu, telur, keju, alpukat, tempe, tahu, kacang almond, kacang mete, dan lain-lain.

  1. Aktif Bergerak

Aktif bergerak menjadi tips menurunkan berat badan tanpa diet ketat selanjutnya. Jika tubuh aktif bergerak, maka semakin banyak energi yang dikeluarkan. Hal tersebut membuat pembakaran lemak dalam tubuh lebih maksimal.

  1. Cukupi Kebutuhan Tidur

Faktanya, seseorang yang kekurangan waktu tidur berisiko mengalami kenaikan berat badan. Hal tersebut dikarenakan, hormon kortisol dalam tubuh akan meningkat saat tubuh tetap terjaga di malam hari. Hormon ini menghasilkan lemak yang membuat seseorang sulit menurunkan berat badan. Disarankan untuk tidur selama 7–9 jam setiap malam.

  1. Jangan Makan Malam

Tips menurunkan berat badan tanpa diet yang terakhir dapat dilakukan dengan tidak mengonsumsi makanan di atas jam 7 malam. Hal tersebut dikarenakan tubuh mengalami perlambatan dalam mencerna makanan. Makanan yang seharusnya diubah menjadi energi, justru ditimbun di dalam tubuh menjadi lemak. Jika lapar saat malam, sebaiknya konsumsi buah-buahan saja.

Nah, itulah beberapa tips diet sehat yang dirangkum oleh penulis. Semoga bermanfaat.

Writer Jurnalis Nuansa http://nuansa.nusaputra.ac.id

Artikel di kirim setiap hari dengan tampilan yang ditentukan berdasarkan kesepakatan pengurus blog www.nuansa.nusaputra.ac.id

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours